Filosofi Kayu Kanonang..


Nama Desa Kanonang terambil dari Nama Pohon Kanonang dan hampir sebagian besar lahan perkebunan di Kanonang mempertahankan pohon atau Kayu Kanonang ini tumbuh.
Ada filosofi yang menarik terkait Pohon/Kayu Kanonang

Kayu Kanonang jika dia tumbuh subur menjadi pohon memiliki banyak kegunaan yaitu :
1. Daunnya yang rontok akan membuat tanah disekitar Kayu Kanonang menjadi subur
2. Buah Pohon/Kayu Kanonang memang tidak bisa dimakan namun bisa dipergunakan menjadi lem kertas.
3. Kayu Kanonang apabila kering bagus digunakan menjadi kayu bakar.

Nah apa kaitannya dengan Orang Kanonang?
1. Sebenarnya Orang Kanonang (Subur) diberkati oleh Tuhan.
2. Orang Kanonang seperti lem yang sifatnya mempersatukan, makannya budaya "Mapalus" "Ma-sembong-sembongan" (Saling membantu. saling menolong) masih tetap dipertahankan, selain itu ungkapan "Ma Siri" (bersalaman) kental dalam kehidupan Orang Kanonang 
3. Orang Kanonang memiliki semangat yang berapi-api dalam melakukan aktifitasnya, makannya tidak sedikit orang Kanonang yang berhasil dalam segala hal.

Jadilah Orang Kanonang Yang Seperti Kayu Kanonang, memberikan manfaat bagi siapapun...
Tuhan memberkati Orang Kanonang

Komentar

  1. Inilah desa Kanonang saya lahir didesa ini dipelihara oleh orang Tua Mama dan Papa dan bersekolah dari kelas 1 s/d 6 baru smp /Sma diibukota kecamatan sesudah lulus kerja di Manado sambil kulia setelah kawin menjadi pengusaha dan punya putri 2 dan satu putra dan semua anak saya bersekolah perguruan tinggi di Jakarta dan setelah anak berhasil saya dan Isteri pindah Jakarta sejak thn 2004 tapi sering pulang ke Manado dan Desa Kanonang karena juga isteri almarhumah di kubur di desa Kanonang.Demikian anak desa Kanonang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silakan Kometar